RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.
Ada perbedaan dua format RPP yang baru-baru ini dirilis yang
membuat saya bingung. Mengapa harus dikeluarkan format baru. Bagi kita yang
dapat membantu menjelaskan tolonglah saya ini.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran versi permendikbud no. 81A tahun 2013. Untuk versi
ini KD pada KI-1 (spritual) dan KD pada KI-2 (sosial) tidak harus dikembangkan
dalam indikator karena keduanya dicapai melalui proses pembelajaran yang tidak
langsung. Indikator yang dikembangkan hanya untuk KD pada KI-3 dan KD pada KI-4
saja. Perhatikan format permendikbud no. 81A tahun 2013 berikut:
Sekolah :
Mata
Pelajaran :
Kelas/Semester :
Materi Pokok :
Alokasi
Waktu :
A.
Kompetensi Inti (KI)
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.
KD pada KI-1
2.
KD pada KI-2
3.
KD pada KI-3
a.
Indikator....
b.
Indikator....
c.
Dst...
4.
KD pada KI-4
a.
Indikator...
b.
Indikator
c.
Dst....
C.
Tujuan Pembelajaran
D.
Materi Pembelajaran
E.
Metode Pembelajaran
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
G.
Langkah-langkah
Catatan:
Format RPP permendikbud no. 103 tahun 2014 seperti
berikut ini:
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
Alokasi Waktu :
A.
Kompetensi Inti
B.
Kompetensi Dasar
1.KD pada KI-1
2.KD pada KI-2
3.KD pada KI-3
4.KD pada KI-4
C.
Indikator Pencapaian Komppetensi
1.Indikator KD pada KI-1
2.Indikator KD pada KI-2
3.Indikator KD pada KI-3
4.Indikator KD pada KI-4
D.
Materi Pembelajaran
E.
Kegiatan Pembelajaran
F.
Penilaian, Remedial, dan Pengayaan
G.
Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajaran
Ada hal yang perlu kita cermati yaitu:
1.
KD dikembangkan semua ke dalam indikator,
2.
kegiatan
saintifik (5M) tidak harus muncul dalam satu pertemuan,
3.
dilengkapi penilaian, remedial, dan pengayaan,
4.
tujuan
pembelajaran, dan metode pembelajaran dihilangkan.
Saya
sudah tuliskan kedua format RPP itu jadi mohon teman-teman yang sering
memperhatikan format rpp, tujuan rpp disusun, hakekat rpp sebenarnya dan
apa-apa yang berkaitan dengan itu. Perlu saya jelaskan yang membuat saya
bingung adalah di format kedua tidak ada tujuan pembelajaran dan metode
pembelajaran.
No comments:
Post a Comment
Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.