Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Penulis : on
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.
Ada perbedaan dua format RPP yang baru-baru ini dirilis yang membuat saya bingung. Mengapa harus dikeluarkan format baru. Bagi kita yang dapat membantu menjelaskan tolonglah saya ini.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran versi  permendikbud no. 81A tahun 2013. Untuk versi ini KD pada KI-1 (spritual) dan KD pada KI-2 (sosial) tidak harus dikembangkan dalam indikator karena keduanya dicapai melalui proses pembelajaran yang tidak langsung. Indikator yang dikembangkan hanya untuk KD pada KI-3 dan KD pada KI-4 saja. Perhatikan format permendikbud no. 81A tahun 2013 berikut:

Sekolah                                                :                           
Mata Pelajaran                 :              
Kelas/Semester                :                       
Materi Pokok                     :             
Alokasi Waktu                   :
              
A.      Kompetensi Inti (KI)
B.      Kompetensi Dasar dan Indikator
1.       KD pada KI-1
2.       KD pada KI-2
3.       KD pada KI-3
a.       Indikator....
b.      Indikator....
c.       Dst...
4.       KD pada KI-4
a.       Indikator...
b.      Indikator
c.       Dst....
C.      Tujuan Pembelajaran
D.      Materi Pembelajaran
E.       Metode Pembelajaran
F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
G.     Langkah-langkah
Catatan:

Format RPP  permendikbud no. 103 tahun 2014 seperti berikut ini:
Sekolah                                                :
Mata Pelajaran                 :
Kelas/Semester                                :
Alokasi Waktu                   :

A.      Kompetensi Inti
B.      Kompetensi Dasar
1.KD pada KI-1
2.KD pada KI-2
3.KD pada KI-3
4.KD pada KI-4
C.      Indikator Pencapaian Komppetensi
1.Indikator KD pada KI-1
2.Indikator KD pada KI-2
3.Indikator KD pada KI-3
4.Indikator KD pada KI-4
D.      Materi Pembelajaran
E.       Kegiatan Pembelajaran
F.       Penilaian, Remedial, dan Pengayaan
G.     Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajaran

Ada hal yang perlu kita cermati yaitu:
1.       KD dikembangkan semua ke dalam indikator,
2.        kegiatan saintifik (5M) tidak harus muncul dalam satu pertemuan,
3.       dilengkapi penilaian, remedial, dan pengayaan,
4.        tujuan pembelajaran, dan metode pembelajaran dihilangkan.

Saya sudah tuliskan kedua format RPP itu jadi mohon teman-teman yang sering memperhatikan format rpp, tujuan rpp disusun, hakekat rpp sebenarnya dan apa-apa yang berkaitan dengan itu. Perlu saya jelaskan yang membuat saya bingung adalah di format kedua tidak ada tujuan pembelajaran dan metode pembelajaran.

No comments:

Post a Comment

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.